ain

Nur Ain Syarifah | Bandung, 2002.1992 | UPI PGSD Purwakarta 09

Halaman

Senin, 07 Oktober 2013

ABSTRAK

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING

TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR
PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD
(Penelitian Quasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas V
SD Negeri 3 Tegal Munjul Purwakarta Tahun Ajaran 2012/2013
Materi Sifat-sifat Bangun Datar)
Oleh: Nur Ain Syarifah
ABSTRAK
Mata pelajaran matematika perlu diberikan kepada peserta didik dimulai dari jenjang SD untuk membekali peserta didik dengan kemampuan logis, analitis, sistematis, kritis, kreatif, serta kemampuan bekerja sama. Pada dasarnya pembelajaran matematika dengan menggunaan model pembelajaran yang bervariasi akan meningkatkan keberhasilan peserta didik. Berkaitan dengan perlunya model pembelajaran yang bervariatif dan mengingat pentingnya interaksi kooperatif, maka salah satu alternatif yaitu menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Games Tournament. Model pembelajaran ini didesain untuk meningkatkan motivasi peserta didik yang akan berimplikasi terhadap meningkatnya hasil belajar matematika peserta didik. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Games Tournament dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional serta untuk mengetahui aktivitas peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Games Tournament. Metode penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalen Control Gorup Design, yaitu dengan memberikan treatment kepada kelas eksperimen sedangkan kelas kontrol tidak diberikan treatment. Teknik sampel yang digunakan adalah non probability sampling yaitu dengan menggunakan metode sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes berupa soal tes hasil belajar dan non tes berupa lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaaan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang terlihat pada hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh hasil 1,8038 dengan t tabel 1,671 sehingga masuk kriteria thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan H1 diterima. H1 diterima artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaan Cooperative Learning tipe Team Games Tournament dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dan, aktifitas peserta didik dari pertemuan pertama ke pertemuan berikutnya meningkat. Direkomendasikan agar guru dapat mengembangkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Games Tournament pada pembelajaran matematika karena akan meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika.



Kata Kunci : Pembelajaran matematika SD, Cooperative Learning tipe Team Games Tournament, hasil belajar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar